Senin, 04 Februari 2013

KOMPONEN PC

Secara umum Komputer terdiri atas 11 Komponen hardware utama. Dari 11 Komponen itu dapat dibagi menjadi 3 jenis berdasar tugasnya masing-masing yaitu input,pemroses dan otuput. Berikut adalah kesebalan hardwar tersebut : untuk bisa di katakan mendukung multimedia, yaitu :
Input :
KEYBOARD-MOUSE
Keyboard (papan ketik) adalah piranti untuk mengetik/memasukan huruf, angka, symbol tertentu ke perangkat lunak atau system operasi yang dijalankan oleh computer. Ada lagi beberapa input yang jarang digunakan, antara lain : digitizer, dan joystick.

Proses :
PROCESSOR/CPU
Orang-orang selring salah kaparah dalam menyebut arti dari CPU. Kebanyakan menyangka CPU adalah box/chasing, padahal CPU itu adalah processor itu sendiri. Gambaran dari processor adalah bagaikan otak manusia dimana semua perintah dan proses-proses dalam computer dihandel oleh processor ini.

MAINBOARD
Mainboard atau yang sering disebut juga Motherboard adalah board utama didalam chasing/box. Berfungsi untuk mengorganisasikan semua resourse hardware computer agar terjalin sempurna dan mampu bekerja dengan baik. Semua perangkat keras computer bisa dipastikan terhubung ke mainboard

HARDDISK
Adalah media penyimpanan dalam computer (storage device). Semua file yang kita buat, aplikasi yang kita pasang semua akan di simpan di dalam hard disk.

CD/DVD ROM/RW
Hardware ini termasuk jenis optical device. Jenis yang lama termasuk dalam model ROM (Reada yang mampu untuk write data yaitu yang support RW (read-write).


MEMORY/RAM
Disebut juga sebagai memory utama yang berfungsi untuk mempercepat proses kerja dalam computer. Semakin besar memorynya maka semakin cepat pula kecepatan proses kerjanya.

CASING
Adalah box untuk menempatkan hardware hardware didalamnya sehingga terlihat rapi dari luar. Biasanya didalam casing ini sudah disertakan power supply didalamnya.

Output :
VGA
Adalah kependekan dari Virtual Graphic Accelerator. Hardware inilah yang menghandel tampilan display dalam computer. Tanpa adanya hardware ini monitor tidak akan mampu menampilkan gambar. Ada 2 jenis dari VGA ini yakni External (card) dan Internal (onboard).

MONITOR
Merupkan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi serta informasi dalam bentuk teks, grafik atau gambar.

SPEAKER
Merupakan salah satu jenis peralatan output yang mengubah sinyal elektrik ke frekwensi audio dengan cara menggetarkan komponenya yang berbentuk selaput/membrane. Spaker terbagi dalam beberapa kelas, tipe standar, tipe 2.1 (2 Speaker 1 subwoofer) dan tipe 5.1(5 speaker 1 subwoofer)

SOUNDCARD
Kartu Suara (souncard) adalah perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan dan merekam suara. Untuk mendapatkan kualitas suara yang istimewa layak ditambahkan soundcard yang mendukung tatasuara speaker 5.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar